Sabtu, 06 Agustus 2011

Berikut adalah beberapa manfaat ilmu biologi dalam beberapa bidang ilmu kehidupan.

Manfaat ilmu biologi dalam bidang pertanian, sebagai contoh Ilmu Biologi merupakan dasar dari Ilmu Pertanian terutama dalam penemuan jenis tanaman unggul, rekayasa genetika tumbuhandan hewan.

Misalnya:
Pengetahuan mengenai Sifat suatu tanaman berdasarkan analisa sel (ilmu biologi) membuat manusia mampu menerapkan cara pembudidayaan yang tepat dan pengolahan hasilnya lebih lanjut (pertanian)

Pengetahuan mengenai sifat dan karakter serangga yang berhubungan dengan iklim atau musim (ilmu biologi) membuat manusia dapat menetapkan waktu bercocok tanam yang tepat atau metode penanggulangan hama serangga tersebut (ilmu pertanian).


Ada banyak sekali manfaat biologi di berbagai bidang kehidupan. Hal ini ditandai dengan banyaknya cabang - cabang dari ilmu biologi, yaitu sebagai berikut ini :

1. Anatomi - adalah ilmu biologi yang mempelajari seluk beluk susunan tubuh makhluk hidup.

2. Bakteriologi - adalah ilmu biologi yang mempelajari seluk beluk bakteri dan kehidupannya.

3. Botani - adalah ilmu biologi yang mempelajari seluk beluk tumbuhan dan kehidupannya.

4. Ekologi - adalah ilmu biologi yang mempelajari seluk beluk makhluk hidup dengan lingkungan alam tempat tinggalnya (habitat).

5. Embriologi - adalah ilmu biologi yang mempelajari seluk beluk pengkembangan suatu organisme semenjak berbentuk telur hingga menjadi embrio.

6. Entomologi - adalah ilmu biologi yang mempelajari seluk beluk serangga beserta kehidupannya.

7. Evolusi - adalah ilmu biologi yang mempelajari seluk beluk perkembangan makhluk hidup mulai dari bentuk yang sederhana hingga yang kompleks.

8. Fisiologi - adalah ilmu biologi yang mempelajari seluk beluk proses serta kegiatan yang dilakukan oleh makhluk hidup.

9. Genetika - adalah ilmu biologi yang mempelajari seluk beluk penurunan sifat suatu makhluk hidup kepada keturunannya.

10. Higien - adalah ilmu biologi yang mempelajari seluk beluk pemeliharaan kesehatan manusia.

11. Histologi - adalah ilmu biologi yang mempelajari seluk beluk susunan serta fungsi bagian-bagian yang ada pada jaringan makhluk hidup.

12. Mikrobiologi - adalah ilmu biologi yang mempelajari seluk beluk organisme renik (mikro) serta kehidupannya.

13. Palaeontologi - adalah ilmu biologi yang mempelajari seluk beluk kehidupan makhluk hidup di masa lalu serta kehidupannya dengan mempelajari fosil yang berasal dari masa lampau.

14. Parasitologi - adalah ilmu biologi yang mempelajari seluk beluk parasit, baik pengaruh terhadap makhluk hidup lainnya maupun kehidupannya.

15. Sitologi - adalah ilmu biologi yang mempelajari seluk beluk susunan serta fungsi bagian-bagian yang ada pada sel makhluk hidup.

16. Virologi - adalah ilmu biologi yang mempelajari seluk beluk virus, baik pengaruh terhadap makhluk hidup lainnya maupun kehidupannya.

17. Zoologi - adalah ilmu biologi yang mempelajari seluk beluk hewan serta kehidupannya.

18. Patologi - adalah ilmu biologi yang mempelajari tentang penyakit pada makhluk hidup

Di dalam bidang kesehatan, contohnya bidang biologi yang digunakan adalah bakteriologi, virologi dan patologi. Dengan cabang - cabang ilmu biologi tersebut, para ahli medis dapat melakukan riset tentang suatu penyakit dan cara penyembuhannya.

Di samping itu, masih banyak lagi bidang - bidang kehidupan yang berkaitan erat dengan ilmu biologi. Mengingat banyaknya cabang dari ilmu biologi ini. kesimpulannya, semua hal yang berkaitan dengan makhluk hidup, pasti akan berkenaan dengan ilmu biologi.

hubungan seperti ini masih banyak lagi antara kedua disiplin ilmu itu, dan memang Ilmu Biologi sangat membantu Pertanian....
banyak sekali karena biologi juga memperlajari kandungan makanan itu sendiri terhadap jaringan hidup.

Contoh lainnya dalam pembuatan yogurt, keju, tape, susu, obat-obatan dll
Selain itu biologi sendiri merupakan dasar untuk mempelajari kandungan gizi pada makanan dan efeknya bagi kesehatan tubuh

http://www.tugaskuliah.info/2011/01/manfaat-ilmu-biologi-dalam-berbagai.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar